Minggu, 06 Desember 2009

Installasi Software

Sistem Operasi

Persiapan Instalasi Microsoft Windows
Lakukan deteksi hardisk melalui BIOS
siapkan start-up disk atau CD system operasi yang bootable ( disertakan didalam CD bonus ).
ubah bot sequence ( setingan pada BIOS ) CD – ROM → C → A ( jika pertama kali akan menggunakan start – up dari CD )
setelah itu restart computer
Komputer akan membaca CD – ROM terlebih dahulu untuk mencari system . jika ditemukan , pada layer akan muncul prompt A> sebagai tanda siap untuk menginstal .

Kemudian ikuti langkah berikut :

A:\>fdisk

Selanjutnya akan muncul kotak dialog bila terdapat pertanyaan jawab dengan megetik Y ( yes ) atau ENTER saja ,artinya hardisk akan dipartisi dengan menggunakan FAT32 yang support hingga ratusan giga byte . Jika menjawab N ( no ) , hardisk akan dipartisi dengan FAT616 yang hanya berkemampuan 2,1 giga byte.

Menampilakan partisi

Untuk melihat informasi pada partisi yang sudah ada di hardisk , timpa angka [1] di “ enter choice “ pada menu utama fdisk dengan angka [4] . selanjutnya akan keluar jendela display partition Information .

Ditulis dalam Uncategorized | Leave a Comment »
Pengaturan BIOS
Desember 6, 2009 oleh glouse

BIOS ( Basic Input Output System ) adalah sekumpulan progam yang disimpan pada ROM yang digunakan untuk melakukan tugas – tugas dasar seperti mentransfer data , pengendali intruksi peralatan , serta mengkonfigurasi proses input dan output hardware didalam system computer .
Fungsi dari BIOS itu sendiri adalah melakukan POST , memanggil system operasi , menjaga kstabilan dan kinerja system.
Menu BIOS yang penting umumnya seperti :
Standard CMOS setup
BIOS features setup
Chipset features setup
Power management setup
PCI configuration
Load stup default
Integrated peripherals
Password setting
IDE hardisk Detection
Save and exit setup
Exut without saving
Cara masuk ke menu BIOS pada umumnya dengan cara menekan tombol DEL pada keyboard secara terus menerus saat computer sedang BOOTING.
Yang harus kita atur pertama kali adalah “ time and date “ dengan cara masuk pada menu BIOS standart CMOS setup lalu atur waktu dan tanggal. Time and date pada menu ini berfungsi untuk melakukan perubahan waktu dan tanggal.
Lalu yang kedua kita atur adalah pada menu BIOS FEATURES SETUP yaitu menentukan 1st boot device ( menentukan pilihan pertama letak system boot untuk dibaca), 2nd boot device ( menentukan device yang selanjutnya jika pada pilihan 1st boot tidak ditemukan system yang dibutuhkan ), 3rd boot device ( menentukan device berikutnya ).
Yang ketiga adalah pilih save and exit setup untuk menyimpan seua hasil setup BIOS dan kluar dari menu BIOS.
Untuk pengaturan BIOS yang lainya bisa dipelajari laen waktu tapi yang terpenting pada pengaturan BIOS awal adalah yang tercantum diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar